anakbangsapost

Cukup Besar Minat Masyarakat Menimba Ilmu di Fakultas Perikanan Undhar Medan

Medan(ABP)
Minat masyarakat terhadap Fakultas Perikanan Universitas Dharmawangsa (Undhar) Medan dewasa ini meningkat signifikan. Itu karena perhatian pemerintah terhadap bidang maritim dan kelautan di Indonesia cukup besar dengan menggali potensi sumber daya laut dan lainnya.
H.Kusbianto, SH, MHum
“Selain itu peningkatan minat masyarakat untuk menekuni ilmu di fakultas ini juga dikarenakan Fakultas Perikanan Undhar telah memiliki Akreditasi B. Sejauh ini berbagai program dijalankan fakultas ini untuk membantu program pemerintah dalam pembenahan ekosistem dengan menanam kembali pohon bakau mangrove dirasakan sangat bermanfaat bagi mahasiswa Perikanan Undhar,” tutur Rektor Undhar Medan, H.Kusbianto, SH, MHum pada wartawan di ruang kerjanya, Jalan Yos Sudarso Medan, Rabu, (25/6).
Menurut Kusbianto yang juga mantan Direktur Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Medan, ke depan, dunia maritim dan kelautan memiliki prospek gemilang dari tahun-tahun sebelumnya. Lihat saja sejak Menteri Perikanan dan Kelautan dipegang Susi, potensi perikanan dan kelautan meningkat tajam. Apalagi Menteri satu ini dikenal sebagai sosok pekerja keras untuk perubahan.
"Secara umum, Fakultas Perikanan Undhar Medan, tahun 2014 lalu terjadi peningkatan yang signifikan. Apalagi fakultas yang dipimpin (Dekan), Ir.Hj.Siti Yuliawati, MSi, tahun lalu memperoleh Akreditasi B," tambah Rektor Undhar Medan, H.Kusbianto, SH, MHum.
Saat ini, kata Wakil Dekan Bambang Hendra Siswoyo, Fakultas Perikanan Undhar Medan memiliki kelompok binaan yang melibatkan Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut dan pemberdayaan masyarakat pesisir dengan membenahi daerah pesisir pantai Timur mulai Langkat sampai ke Labuhan Batu.
"Sejak beberapa tahun ini kelompok binaan Fakultas Perikanan Undhar Medan ini melakukan penanaman pohon mangrove di atas eks lahan tambak-tambak ikan dan udang," kata Bambang.
Menurut Rektor Undhar Medan, H.Kusbianto, SH, MHum, pihaknya tetap mendorong Fakultas Perimanan Undhar Medan melakukan kegiatan yang bersifat membantu program pemerintah dengan memberdayakan masyarakat pesisir.
"Kita harapkan Fakultas Perikanan Undhar Medan pada tahun 2015 mendapat simpati masyarakat Sumut mengingat peluang perikanan dan kelautan (Maritim) ke depan memiliki prospek yang sangat cerah", ujar Kusbianto.
Sebelumnya, pihak Fakultas Perikanan Undhar Medan juga sudah bekerja sama dengan Pihak Balai Benih Ikan di kerasaaan Siantar Simalungun yang waktu itu dipegang Zoni Waldi (Kini Kadis Perikanan dan Kelautan Sumut). Saat itu budi daya yang dilakukan adalah ikan lele.
Namun seiring dengan perkembangan zaman, kata Bambang, pihaknya akan melakukan budidaya ikan patin yang nantinya bisa bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Sumut. Karena pasar ikan patin, cukup bagus di pasaran lokal maupun impor. (dey)

Related

Medan 6466186017631075910

Posting Komentar

Berita Terpopuler

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic

Edisi Cetak

Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
Image and video hosting by TinyPic
item